Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas

Banyak orang tua khawatir dengan pertumbuhan tinggi badan kecerdasan anaknya. Khususnya bagi orang tua yang bertubuh pendek. Karena tinggi badan dan kecerdasan dijadikan tolak ukur sebagai pertumbuhan seorang anak. Tapi faktor gaya hidup juga berpengaruh besar terhadap perkembangan seorang anak. Semisal pola makan, pola istirahat, dan kegiatannya sehari-hari.

gambar dari kumparan.com

Di tulisan kali ini kita akan membahas tips-tips agar anak tumbuh tinggi dan cerdas.

Seorang anak mencapai percepatan tumbuh maksimal hingga umur 20 tahun bagi laki-laki dan 14 tahun bagi perempuan. Bila sudah berumur di atas tinggi, sangat kecil kemungkinan seorang anak bertambah tinggi. Untuk itu sebelum mencapai usia tersebut, orang tua wajib memberikan nutrisi yang seimbang dan tepat serta stimulasi agar pertumbuhan tinggi bada serta kecerdasannya optimal.

Berikut faktor utama dalam menunjang pertumbuhan seorang anak.

  1. Nutrisi yang tepat.

Berikut asupan makanan agar anak tumbuh tinggi. Sertakan karbohidrat dalam menu harian anak. Karena karbohidrat merupakan bahan bakar otak. Serta karbohidrat dapat menunjang kegiatan anak-anak yang aktif. Tambahan kalsium yang merupakan salah satu zat yang diperlukan dalam menunjang tumbuh kembang anak. Kalsium bisa di dapatkan dari produk olahan susu. Jangan lupa zat besi pada daging merah dan hati hewan serta vitamin pada wortel, labu kuning, dan brokoli. Selain itu bisa dilengkapi dengan memenuhi kebutuhan vitamin C dari buah-buahan segar dan mineral Zinc dari daging, tiram, atau kepiting. Vitamin C bagus untuk menjaga kekebalan tubuh si anak sehingga tidak mudah sakit. Anak yang sering sakit biasanya tumbuh kembangnya lebih lambat.

Jangan lupa penuhi juga kebutuhan protein untuk pertumbuhan tulang anak yang bisa di dapat dari ikan, daging, tempe, dan tahu. Jadi faktor makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas merupakan satu hal utama.

  1. Olahraga yang teratur.

Olahraga yang bagus untuk menunjang pertumbuhan anak adalah bersepeda, renang, dan berjalan cepat. Dengan olahraga bisa memancing atau menstimulus agar otot-otot dan tulang-tulang pada anak untuk tumbuh berkembang. Jadi olahraga adalah salah satu rahasia anak tumbuh tinggi.

Baca Juga  Keindahan Wisata di Garut Jawa Barat

Manfaat lain untuk menghindari anak dari obesitas atau kegemukan. Lakukan secara rutin ya olahraganya. Olahraga yang dilakukan di luar ruangan juga berfungsi untuk mendapatkan vitamin D yang bagus untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak. Khususnya berjemur pada jam 9 sampai 10 pagi serta di sore hari pada jam 3 hingga matahari terbenam. Vitamin D juga bisa diperoleh dari asupan ikan segar dan jamur.

  1. Istirahat yang Cukup.

Saat tidur, tubuh melepaskan hormon-hormon yang merangsang pertumbuhan seorang anak. Tidur 8 sampai 12 jam cukup, jangan berlebihan. Pastikan tidur di siang hari dan di malam hari jangan larut tidurnya.

Selain dari 3 faktor utama di atas, ada faktor penunjang lain seperti jauhkan anak-anak dari kondisi stres. Ajak jalan-jalan di luar rumah, jauhi dari alkohol dan asap rokok. Dan jangan lupa untuk memberi semangat kepada anak anda dalam menjalani masa pertumbuhannya. Dorong mereka untuk mempunyai banyak kegiatan atau hobi yang disenanginya. Baik di sekolah atau di lingkungan sekitar.

Bagaimana dengan kiat kiat di atas agar anak tumbuh tinggi? Ada yang sudah anda praktekkan untuk menunjang pertumbuhan anak anda? Kalau ada saran dan tips yang lain, bagikan di kolom komentar bawah ya!

Dan pastikan untuk membagikannya di sosial media agar orang tua yang lain mendapatkan informasi dari tulisan ini.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.