Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Bahkan mitos orang dahulu menyebutkan bahwa cegukan bisa menambah akal dari sang anak. Namun, apa jadinya jika cegukan terjadi pada orang dewasa? Apakah mitos tersebut masih berlaku. Nah sebenarnya cegukan adalah terjadinya penutupan pita suara secara tiba-tiba yang disebabkan oleh kontraksi ada bagian diafragma.

Saat cegukan maka biasanya akan muncul bunyi “hik” dari dalam tubuh. Namun, sebenarnya cegukan bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Sebab cegukan bisa saja terjadi pada setiap orang baik itu bayi hingga lansia. Nah, untuk durasi cegukan antara satu orang dengan yang lainnya juga berbeda. Kadang ada orang yang mengalami cegukan dalam waktu yang lama dan ada pula yang hanya cegukan sekali saja.

  • Apa si penyebab sering cegukan?

Banyak orang yang bertanya kenapa sering cegukan dan kenapa bisa cegukan? Apakah ada masalah dalam tubuh? Nah, penyebab sering cegukan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal yang dapat mengontraksi diafragma. Beberapa hal ini seperti minuman bersoda, alkohol, makanan pedas, minuman panas, merokok, makan terlalu cepat serta masih banyak lainnya.

Namun, Anda perlu hati-hati saat terjadi cegukan selama lebih dari dua hari. Ada baiknya segera periksakan ke dokter saat cegukan yang Anda alami lebih dari dua hari. Sebab, kemungkinan besar ada masalah dengan diafragma atau metabolisme tubuh Anda. Nah, karena cegukan membuat tubuh merasa tidak nyaman, maka Anda butuh cara menyembuhkan cegukan.

Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja simak bagaimana menghentikan cegukan yang terjadi terus menerus.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Biang Keringat di Punggung

Membungkuk

Untuk cara ngilangin cegukann yang sederhana yang bisa Anda gunakan adalah dengan membungkuk. Adapun cara membungkuk ini tidak sembarangan. Caranya yaitu dengan membungkukkan badan ke depan sampai bagian dada terasa tertekan.

Lakukan hal tersebut selama beberapa menit. Maka dengan sendirinya cegukan akan mereda dan hilang. Cara ini bisa digunakan untuk Anda yang sedang puasa dan mengalami cegukan. Tentunya Anda membutuhkan cara menghilangkan cegukan saat puasa tanpa harus minum.

Menarik lutut

Menarik kedua lutut juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan tanpa minum. Cara ini sangat mudah untuk dipraktikkan oleh siapa saja. Caranya yaitu Anda harus dalam posisi berbaring.

Langkah selanjutnya dengan menarik kedua lutut hingga menyentuh dada. Lakukan cara ini beberapa menit, maka dalam sekejap cegukan yang Anda rasakan akan hilang.

Bernapas di kantong yang terbuat dari kertas

Cara ngilangin cegukann ini cukup unik dan mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuat kantong yang terbuat dari kertas. Kemudian bernafaslah di dalam kantong tersebut. Cara ini berguna untuk mengembalikan pita suara yang terjepit pada diafragma.

Menelan gula pasir

Nah untuk Anda yang sulit melakukan hal-hal di atas karena keterbatasan fisik seperti terlalu gemuk atau sebagainya. Maka Anda bisa menggunakan cara menghentikan cegukan dengan menelan gula pasir. Ternyata dengan menelan gula pasir sangat ampuh untuk menyembuhkan cegukan. Penasaran? Coba saja sendiri dan rasakan khasiatnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan cegukan yang sering terjadi. Semua cara di atas merupakan cara yang mudah untuk diikuti. Yang pasti, Anda tidak perlu panik atau khawatir jika mengalami cegukan, sebab hal tersebut merupakan hal yang wajar. Khawatirlah jika cegukan yang dialami berlangsung hingga dua hai tanpa berhenti.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.