Pengertian dan Pentingnya Sistem Imun bagi Anak

Di zaman sekarang saat imunisasi atau vaksinasi banyak yang menentang, kita para generasi muda memiliki kewajiban untuk memberitahukan betapa pentingnya sistem imun bagi masyarakat, terutama bagi balita, anak usia sekolah, dan ibu hamil.

Sistem imun adalah, sistem pertahanan sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem imun juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang bertransformasi menjadi tumor.

Sebelumnya klasifikasi sistem imun terbagi menjadi beberapa bagian yaitu sebagai berikut.

  1. Sistem Imun Non-Spesifik, adalah sistem imun yang bersifat yang melawan penyakit dengan cara yang sama kepada semua jenis penyakit. Sistem imun ini tidak membeda-bedakan responnya kepada setiap jenis penyakit, oleh karena itu disebut non-spesifik. Sistem imun ini bekerja dengan cepat dan selalu siap jika tubuh di datangkan suatu penyakit.
  2. Sistem Imun Spesifik, yaitu sistem imun yang membutuhkan pajanan atau bisa disebut harus mengenal dahulu jenis mikroba yang akan ditangani. Sistem imun ini bekerja secara spesifik karena respon terhadap setiap jenis mikroba berbeda. Karena membutuhkan pajanan, sistem imun ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk menimbulkan respon. Namun jika sistem imun ini sudah terpajan oleh suatu mikroba atau penyakit, maka perlindungan yang diberikan dapat bertahan lama karena sistem imun ini mempunyai memory terhadap pajanan yang didapat.

Sedangkan menurut sistem kekebalan tubuh, sistem kekebalan tubuh dibagi menjadi dua yaitu sistem kekebalan alami dan buatan. Pembahasannya sebagai berikut :

  1. Sistem kekebalan alami/kekebalan pasif, adalah kekebalan (imunitas) terhadap suatu penyakit yang dimiliki tubuh tanpa perlakuan dari luar. Jenis kekebalannya pun ada 2, yaitu kekebalan aktif dan kekebalan pasif.
  2. Sistem kekebalan tubuh buatan/kekebalan aktif, adalah kekebalan yang dibuat oleh tubuh dengan pemberian vaksin. Proses pemberian vaksin disebut vaksinasi. Vaksin adalah bibit penyakit yang sudah dimatikan/dilemahkan toksinnya disebut imunisasi. Jenis imun ini ada 2 jenis juga, yaitu yang aktif dan pasif.
Baca Juga  Cara Meningkatkan Produksi ASI

Biasanya kekebalan pasif tidak bertahan lama dan berlaku selama antibodi buatan ada. Karena antibodi merupakan protein, dan protein selalu diuraikan dan digantikan. Pada imunitas aktif individu dirangsang untuk menghasilkan antibodi sendiri dan kekebalan dapat bertahan sepanjang umur.

Yang gencar dilakukan pemerintah sekarang adalah jenis imunisasi kekebalan buatan aktif. Yaitu jenis imun yang akan mengaktifkan sel-sel menghasilkan antibodi, misalnya imunisasi Campak dan MR, BCG, atau Hepatitis. Selain itu kita para orang tua dapat melindungi anak kita dengan memberikan nutrisi terbaik sehingga membentuk sistem imun mereka menjadi lebih kuat.

Bagaimana cara kita memilih nutrisi yang tepat untuk menjaga imunitas anak kita? Simak beberapa tips berikut.

  1. Memasak makanan untuk anak dengan suhu yang tidak terlalu tinggi agar nutrisi dalam makanan tersebut terjaga.
  2. Memilih selektif nutrisi tambahan untuk anak kita, misal dengan menambahkan susu formula terbaik.

Nah untuk membantu anda memilih susu formula yang tepat untuk meningkatkan sistem imun anda, anda bisa mencoba susu formula dari Friso. Susu formula merk ini terkenal dengan kualitasnya yang membantu anda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak anda. Dengan nutrisinya yang terjaga, khususnya protein untuk pembentukan otot, pembentukan kulit dan rambut, serta sistem kekebalan tubuh.

Karena menurut survei Boston Consulting Group. Survei konsumen tahun 2009 di Cina, anak yang mengkonsumsi susu Formula Friso cenderung tidak memiliki masalah yang berkaitan dengan buang air besar atau kekebalan tubuh, dibanding anak yang mengonsumsi produk sejenis dari merek lain.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.