Olahraga Sederhana Bagi Si Super Sibuk

Bekerja hampir setiap hari dari pagi hingga siang, membuat tubuh kamu terasa capek. Jangankan olahraga, istirahat dan makanpun kadang tidak teratur. Sesibuk apapun kamu, menjaga kesehatan menjadi prioritas utama. Selain mengatur pola makan, olahraga sederhana pun wajib dilakukan. Tidak hanya berguna untuk menjaga kondisi fisik agar selalu fit, imunitas pun semakin meningkat sehingga tidak gampang terserang penyakit.

gambar dari Thinkstock Photos

Masalah terbesar yang dihadapi oleh kamu yang super sibuk adalah tidak memiliki waktu untuk sekedar melakukan latihan fisik seperti berlari, berenang, atau bahkan bersepeda. Sebagian besar waktu dipakai untuk bekerja. Untuk menjaga kesehatan sebenarnya mudah, ada beberapa aktivitas olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah atau di kantor. Gerakan yang dilakukan cukup sederhana dan tidak menghabiskan banyak waktu. Berikut ini beberapa jenis pilihan untuk berolahraga di rumah bagi kamu yang memiliki segudang kesibukan:

  1. Naik dan turun tangga

Melakukan gerakan naik dan turun tangga setiap hari bisa melatih kekuatan otot kaki agar tetap kuat. Saat pergi ke kantor, sebaiknya parkir kendaraan yang cukup jauh. Selain itu gunakan tangga untuk naik ke atas. Kebiasaan yang baik ini tanpa kamu sadari akan membuat tubuhmu semakin bugar dan fit. Jadi tidak perlu datang ke tempat fitness, karena kamu dapat melakukan gerakan sederhana sebagai pengganti olahraga.

  1. Push up di atas tempat tidur

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk jogging keluar rumah, sebaiknya lakukan olahraga di rumah. Salah satu gerakan yang bisa kamu praktikkan adalah push up diatas tempat tidur selama kurang lebih 60 detik. Permukaan kasur yang tidak rata memang membuatmu sulit melakukan push up. Namun jumlah kalori yang dibakar sangat besar. Tidak hanya membuat sehat, tapi juga bisa menjaga berat badanmu supaya tetap ideal.

  1. Lakukan peregangan
Baca Juga  Menarik! Ini 3 Nama Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable

Salah satu efek buruk yang dihasilkan jika kamu kurang aktif bergerak adalah otot yang terasa kaku dan mudah linu. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan gerakan secara aktif ataupun berolahraga secara rutin. Jika tidak memiliki banyak waktu, sebaiknya lakukan peregangan di saat istirahat kerja. Contoh gerakan yang bisa kamu praktikkan adalah dengan berbaring lalu angkat kaki kanan lurus ke atas dan tahan selama 15 detik. Setelah itu lakukan hal yang sama pada kaki kiri. Selain menguatkan kaki, juga dapat melenturkan otot agar tetap sehat.

  1. Gerakan tangan yang sederhana

Gerakan olahraga bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun termasuk saat terjebak macet. Agar tidak bosan menghadapi lalu lintas yang sangat ramai, mengapa tidak mempraktikkan olahraga saat macet saja. Jenis gerakannya sangat sederhana dengan memutar bahu ke depan selama 10 kali hitungan, lalu putar kembali ke belakang dengan hitungan yang sama. Agar lebih seru, nyalakan musik agar kamu semangat dalam melakukan gerakan olahraga tersebut. Fungsi dari gerakan ini adalah merilekskan otot agar tidak kaku dan menjaga mood supaya tidak stres menghadapi kemacetan.

  1. Rajin berjalan kaki

Jika lokasi kerjamu cukup dekat, sebaiknya jalan kaki saja karena bisa membuat badanmu tetap bugar. Gerakan yang cukup sederhana seperti jalan kaki, juga bisa membakar kalori yang cukup besar serta membuat kondisi tulang semakin kuat. Berjalan kaki menjadi salah satu jenis olahraga yang pas bagi kamu yang super sibuk.

Agar bisa terus berkegiatan secara aktif, maka kondisi tubuh harus tetap dijaga. Ada banyak jenis gerakan yang bisa kamu lakukan termasuk latihan sederhana mengecilkan perut. Olahraga ini sangat mudah dilakukan dan hanya butuh waktu beberapa menit saja. Selain itu juga dapat kamu kerjakan disela kesibukan seperti saat istirahat atau sebelum berangkat ke kantor.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.