Olahraga Mudah yang Setara dengan Gym di Rumah

Olahraga Mudah yang Setara dengan Gym di Rumah

Rutinitas sehari-hari pasti membuat siapapun merasa lelah sehingga tidak sempat dan tidak mau berolahraga. Padahal olahraga harus dilakukan setiap hari atau setidaknya 3 hari dalam seminggu agar tubuh tetap bugar dan tak mudah sakit. Bekerja di kantor yang menghabiskan waktu cukup lama duduk di depan komputer harus diselingi dengan gerak agar tidak terkena ambeien atau penyakit lainnya. Setelah sampai di rumah, jangan habiskan waktu di rumah dengan bersantai tetapi lakukanlah olahraga ringan. Berikut ini beberapa olahraga mudah yang bisa dilakukan tanpa harus pergi ke gym.

gambar dari journal.sociolla.com

Senam Lantai

Gunakan benda-benda yang ada di rumah untuk melakukan olahraga ringan berupa senam lantai. Olahraga ini hanya membutuhkan karpet atau tikar untuk menjadi alas supaya bisa melakukan berbagai gerakan senam lantai dengan nyaman. Push up, sit up, dan gerakan lainnya bisa dilakukan asalkan sudah melakukan pemanasan seperti lari-lari kecil di taman atau di dalam rumah juga bisa. Gerakan senam lantai bisa mengikuti video senam, lihat acara tv, atau melalui youtube agar tidak salah melakukan gerakan. Kemauan yang kuat untuk sehat dan langsing pasti akan membuahkan hasil. Maksimalkan waktu luang untuk olahraga daripada berdiam diri atau santai saja di rumah.

Easy Jogging

Lari-lari kecil di halaman rumah atau di sekitar komplek rumah bisa dilakukan terutama pada pagi hari sebelum sarapan. Menurut penelitian British Journal of Nutrition, olahraga pagi seperti jogging, squat jump, lunge, dan lainnya minimal 10 menit sebelum sarapan bisa membakar 20 persen lemak lebih banyak daripada setelah makan. Jogging sangat mudah dilakukan dan tidak perlu biaya sehingga bisa dilakukan sebelum berangkat ke kantor atau pada akhir pekan. Jogging yang disarankan setiap hari minimal 5 km, tetapi kalau belum terbiasa bisa mencoba jogging 2 hingga 3 km saja. Setelah terbiasa baru tingkatkan jarak untuk jogging agar tubuh semakin sehat.

Baca Juga  Fakta Tentang Mencuci Rambut

Perbanyak Jalan Kaki

Jalan kaki atau bergerak setidaknya selama 15 menit per hari bisa meningkatkan kebugaran. Daripada berdiam diri sebaiknya pergunakan waktu luang untuk jalan di sekitar komplek atau setiap pagi menuju kantor. Berdasarkan riset Journal of Physical Activity and Health, jalan kaki dalam durasi tertentu mempercepat kinerja pencernaan (metabolisme tubuh). Kalori yang dibakar membuat tubuh tidak gemuk atau bisa menurunkan berat badan bagi orang yang gemuk. Jika biasanya pergi ke kantor naik ojek motor atau mobil, cobalah beberapa kali seminggu naik kendaraan umum dan berjalan kaki sampai kantor pada pagi hari. Apa dampaknya? Tentu akan semakin bersemangat saat tiba di kantor dan tubuh semakin bugar.

Mudah bukan melakukan olahraga-olahraga tersebut? Tidak usah bingung karena tidak punya waktu untuk olahraga karena olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja asalkan ada kemauan. Kalau tidak punya budget dan waktu untuk join gymnasium sebaiknya tetap berolahraga ringan. Frekuensi yang sebentar tetapi rutin setiap hari jauh lebih baik daripada berolahraga berat hanya satu atau dua kali seminggu. Kalau sudah sering berolahraga pasti badan akan menagih untuk terus olahraga sehingga tak disadari body goals tercapai. Pastikan minum air putih yang cukup setelah berolahraga agar tidak dehidrasi. Latihlah tubuh agar terbiasa melakukan healthy life style. Setelah rajin berolahraga, konsumsi asupan yang sehat juga. Practice makes perfect!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.