Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

Dengan rasanya yang asin, adakah manfaat air garam untuk kesehatan?

Dalam kedokteran, air garam atau lebih dikenal larutan garam adalah larutan atau campuran antara natrium klorida (NaCl) alias garam meja dengan air. Meskipun rasanya asin, air garam mempunyai khasiat yang sangat banyak untuk menyembuhkan atau meredakan berbagai persoalan kesehatan tubuh.

gambar dari khasiat.co.id

Berikut adalah contoh-contoh manfaat dari air garam untuk kesehatan:

Meringankan penyakit sinus

Hidung tersumbat maupun sinus yang terjadi karena flu, pilek, atau alergi. Membasuh hidung menggunakan air garam membantu menjaga saluran hidung terbuka, membuat hilang lendir kental atau yang sudah mengering, membersihkan sinus, mencegah infeksi menyebar ke sinus lain, dan membuat hidung jadi lebih nyaman.

Baca Juga  Fakta Tentang Mencuci Rambut

Tetes hidung dengan kandungan air garam untuk meringakan sakit sinus ini bisa dibeli di apotek. Atau kamu bisa membuat sendiri dengan takaran 240 ml (satu gelas) air hangat + ½ sendok teh baking soda+ ½ sendok teh garam . Selanjutnya isi pot pembersih hidung dengan larutan tadi dan ujung potnya masukkan ke salah satu lubang hidung. Arahkan aliran larutan garam ke belakang agar air garam keluar melalui lubang hidung lainnya. atau melalui mulut. Diwajibkan untuk kamu mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memilih metode pengobatan apa yang cocok untuk kamu.

Untuk mengobati luka pada gigi dan mulut

Saat kamu mengalami gigi tanggal alias copot, merasakan perdarahan di mulut, lidah tergigit, atau gigi kamu rusak, kegunaan air garam sendiri bisa meringankan nyeri dan membantu proses penyembuhan.

Caranya, kamu tinggal masukkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, aduk sampai larut. Selanjutnya kamu tinggal berkumur dengan larutan air garam tersebut setelah makan. Disamping itu, diwajibkan agar menemui dokter gigi guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Dapat meringankan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan salah satunya bisa dikarena virus atau bakteri, dan sering kali akan terasa saat kamu menelan.

Untuk merawat sakit tenggorokan atau pengobatan ringan di rumah, kamu dapat berkumur memakai larutan air garam (1 sendok teh garam meja dan 240 mililiter (satu gelas) air hangat). Dan pastikan bagi kamu untuk berkonsultasi dengan dokter supaya sakit tenggorokan segera sembuh.

Baca Juga  Olahraga Mudah yang Setara dengan Gym di Rumah

Mengobati kutu air

Kutu air adalah penyakit infeksi jamur yang menular pada kulit kaki dan bisa menyebar ke kuku kaki hingga tangan. Gatal karena jamur ini bisa diobati dengan obat resep dari dokter, juga bisa dirawat dengan obat sederhana dari bahan-bahan dirumah. Caranya yaitu, cukup rendam kakimu ke dalam larutan air garam atau cuka encer guna yang bisa mengeringkan lecet. Ingat, berobat ke dokter jangan lupa.

Adapun kegunaan air garam untuk kecantikan sebagai berikut :

Bisa membersihkan dan mencerahkan wajah

Kegunaan air garam bisa untuk kecantikan, yaitu air garam bisa membantu membuat cerah wajah anda. Air garam mempunyai sifat yang bisa menghilangkan dan juga membuat bersih kotoran serta kuman, jadi akan efektif bagi kamu yang selalu ingin terlihat cerah dan juga segar.

Cara menggunakan air garam untuk membuat bersih dan cerah wajah ini juga amatlah mudah. Anda hanya perlu mencuci dan juga membilas wajah kamu memakai air garam secara rutin dan teratur.

Membantu mengatasi masalah kulit kering

Kulit kering dan bersisik merupakan salah satu hal yang sangat tidak diinginkan bagi kamu yang sangat memperhatikan kecantikan. Karena itu macam-macam cara yang akan kamu lakukan untuk mencegah kulit kering dan bersisik. Dan cara yang alamiah yang bisa kamu lakukan adalah mandi dengan memakai air garam.

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa air garam mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga kelembaban kulit kamu sehingga masalah kulit kering bisa teratasi.

Baca Juga  Mau Senang? Coba Konsumsi Beberapa Makanan ini!

Selain untuk pemakaian luar, air garam yang diminum juga memiliki berbagai macam manfaat.

Dan berikut ini kegunaan air garam yang diminum :

Membantu sistem pencernaan

Kegunaan pertama yang dapat kamu peroleh dari meminum air garam adalah dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Dengan meminum air garam hangat secara rutin, keteraturan dan peningkatan penyerapan nutrisi tubuh kamu bisa terbantu. Hal ini terjadi karena air garam yang kamu minum bisa berfungsi untuk meningkatkan kelenjar air liur di dalam mulut kamu yang melepaskan enzim amilase yang merupakan langkah awal yang sangat penting bagi sistem pencernaan. Garam yang alami juga akan membantu merangsang enzim pencernaan yaitu klorida dan protein di dalam perut. Kedua enzim ini baik bagi usus untuk membantu mencerna makanan. Hal ini akan membantu merangsang sekresi pada saluran usus dan hati.

Membuat kamu untuk tidur lebih nyenyak

Karena kandungan mineral yang ada dalam garam bisa memberikan efek yang menenangkan bagi sistem syaraf. Garam dikatakan dapat mengurangi hormon pembuat stress berupa kortisol dan adrenalin sehingga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Disamping itu, air garam yang hangat juga bisa membantu proses pembuangan racun (detoksifikasi) alami pada tubuh. Karena air garam ialah antibakteri alami yang bisa membantu tubuhmu untuk membuat bersih dari bakteri berbahaya.

Dari sekian banyak manfaat air garam di atas, manakah yang sudah kamu coba? Lebih bijak saat kamu ingin mencoba konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.