Keindahan Wisata di Garut Jawa Barat

Garut, ketika mendengar kata tersebut apakah yang wisatawan bayangkan ? Apakah dodol ? Jika Ya, memang Garut terkenal dengan kuliner dodolnya atau yang sering disebut dengan dodol garut dengan rasanya yang bermacam-macam ditambah dengan warna-warni yang ada membuatnya sebagai jajanan atau oleh-oleh incaran banyak wisatawan. Namun tidak hanya dodolnya saja yang terkenal, di Garut juga terdapat berbagai macam obyek wisata yang harus wisatawan kunjungi.

gambar dari aneka tempatwisata.com

Garut adalah Kabupaten yang berada di Jawa Barat dengan pesona alam yang dimilikinya membuat daya tarik banyak wisatawan untuk berkunjung kesana, banyak tempat wisata disana yang belum diketahui banyak orang. Jika wisatawan memilih Garut sebagai salah satu tujuan liburan maka tidaklah salah, karena ketika berada disana wisatawan akan merasakan begitu indahnya pemandangan alam yang ada disana ditambah dengan suasana Garut yang sejuk membuat liburan semakin dimanjakan.

Garut berada pada ketinggian 0 m sampai 2.800 m, berdekatan dengan kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, suasana di Garut bisa terbilang dingin dan sejuk karena dikelilingi oleh gunung-gunung yang ada disekitarnya, sebagian besar masyarakat Garut adalah suku Sunda yang menggunakan bahasa Sunda untuk berkomunikasi sehari-hari.

Terdapat salah satu tradisi di Garut yang sudah dikenal banyak masyarakat dari berbagai penjuru yaitu seni Adu Domba yang merupakan kesenian turun temurun. Kesenian tersebut masih berjalan hingga sekarang yang menarik banyak wisatawan untuk melihatnya, ketika kesenian tersebut dilaksanakan maka akan banyak masyarakat sekitar maupun wisatawan yang tertarik untuk melihatnya.

Itulah sedikit bahasan mengenai kuliner khas dan kesenian yang ada di Garut, tidak kalah menariknya dengan hal tersebut terdapat berbagai macam obyek wisata yang akan melengkapi liburan para wisatawan semakin seru, diantaranya :

Baca Juga  Terbaru! Objek Wisata Kuningan Jawa Barat Paling Menarik

Pemandian Air Panas Cipanas

Obyek wisata yang satu tidak sudahlah tidak asing untuk diketahui banyak masyarakat, jika wisatawan sedang merasa lelah atau banyak fikiran maka sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini, karena ketika sedang merasakan hangatnya berendam air panas disini maka wisatawan akan sangat dimanjakan dan ingin berlama-lama berada disana.

Pemandian air panas ini selalu padat oleh pengunjung baik di hari biasa maupun hari libur, berjarak 6 km dari pusat kota Garut yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit sampai 30 menit. Tidak hanya airnya saja yang memberikan kehangatan, namun kandungan mineral yang ada didalamnya sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Suhu air panas disana sekitar 37 sampai 46 °C yang sangatlah cocok untuk suasana Garut yang dingin. Jika wisatawan ingin lebih berlama-lama disana maka bisa bermalam dengan menyewa penginapan yang ada disana.

Gunung Papandayan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Garut dikelilingi dengan gunung-gunung, salah satunya adalah Gunung Papandayan yang sudah terkenal di kota Garut. Gunung tersebut masuk ke dalam daftar gunung yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 2.622 meter di atas permukaan air laut serta pemandangan alamnya yang cantik dan mempesona membuat wisatawan tidak akan rugi ketika berlibur disana.

Selain itu masih ada lagi daya tarik Gunung Papandayan yang bisa memikat para wisatawan, seperti kawah gunung yang masih aktif, cagar alam yang masih terjaga serta beberapa tempat alam yang sering dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Untuk para pendaki bisa mencoba untuk mendaki Gunung Papandayan menjelajahi hutan, sesampainya di puncak gunung maka wisatawan akan kembali dimanjakan dengan pemandangan alam di sekitar gunung yang akan memanjakan mata serasa lelah yang di dapat ketika mendaki akan terbayarkan seketika.

Baca Juga  Objek Wisata di NTT

Pantai Puncak Guha

Tidak hanya wisata gunung dan pemandian air panasnya saja yang terkenal, namun masih terdapat wisata pantai yang harus wisatawan kunjungi juga, salah satunya adalah pantai Puncak Guha Garut. Pantai ini adalah semenanjung kecil berupa tebing, Guha berasal dari bahasa Sunda yang berarti Gua, karena dibawahnya terdapat gua kelelawar.

Pantai tersebut berjarak kurang lebih sekitar 13 km dari pusat kota Garut yang terletak di desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ketika berada di pantai ini wisatawan akan dibuat terpesona dengan lautan yang membentang luas ditambah dengan bukit-bukit hijau yang ada disekitarnya.

Pantai Puncak Guha ini sangatlah cocok untuk wisatawan yang ingin mencari inspirasi ataupun untuk menenangkan diri dan fikiran, karena suasana pantainya yang terbilang hening dengan suara ombak serta angin laut yang berhembus membuat fikiran akan terasa tenang dan badan akan terasa segar.

Tidak hanya itu, wisatawan yang memiliki kegemaran memancing juga bisa merasakan sensasi memancing di pantai ini, namun dengan lokasi yang sedikit menegangkan karena harus turun ke bawah tebing yang curam. Seperti halnya pantai-pantai pada umumnya, wisatawan juga bisa melihat indahnya matahari terbit dan matahari terbenam di pantai ini.

Pantai Santolo

Pantai yang satu ini tidaklah indahnya dengan pantai Puncak Guha, berada di daerah Pamengpeuk, kota Garut. Pantai ini juga merupakan pantai terkenal yang ada di kota Garut, banyak wisatawan dari luar kota Garut yang menjadikan pantai Santolo sebagai liburan utamanya. Pantai ini berjarak kurang lebih 88 km dari pusat kota Garut yang bisa ditempuh sekitar 3 sampai 4 jam.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik di pantai ini adalah hamparan pasir putihnya yang sangat memanjakan mata para pengunjung ditambah dengan lembutnya pasir pantai akan membuat wisatawan nyaman.

Baca Juga  Menarik! Ini 3 Nama Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable

Jika para wisatawan ingin merasakan berlama-lama di pantai Santolo maka bisa memilih penginapan yang ada disana sembari melihat matahari terbit dan matahari terbenam. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa merasakan nikmatnya kuliner seafood yang segar langsung dari hasil nelayan berlayar di pantai Santolo.

Memang pantai Santolo menyajikan keindahan alamnya yang mampu memikat para wisatawan untuk berkunjung kesana, mulai dari wisata alamnya, pasir putihnya ataupun kulinernya, sehingga sangat disarankan untuk wisatawan yang ingin berlibur ke kota Garut. Ketika berada disana pastilah para wisatawan tidak lupa untuk mengabadikan momen indah mereka dengan mengambil foto ataupun video sebagai kenang-kenangan.

 

Bisa terbilang kota Garut masih belum diketahui banyak orang untuk hal wisatanya, namun tanpa disadari banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Garut, tentunya wisata tersebut sangatlah terasa suasana alamnya yang membuat liburan wisatawan berkenang. Suasana pegunungan khas Garut sangatlah cocok jika ditemani dengan kuliner-kuliner khas yang ada disana bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

Oleh karena itu, sangatlah disarankan menjadikan kota Garut sebagai salah satu destinasi liburan para wisatawan semua, karena selain yang disebutkan diatas masih banyak lagi obyek wisata di Garut lainnya mulai dari gunung, pantai, pemandian air panas dan wisata lainnya.

Bagi kalian yang ingin berwisata di tempat lain di Jawa Barat, kalian bisa mencari info tentang wisata di cianjur yang murah di link ini.

Sampai jumpa di tulisan lainnya. Dadah…

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.