Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Diabetes

Penduduk Indonesia termasuk penderita penyakit diabetes terbanyak di dunia. Masih tidak percaya? Berdasarkan data Sample Registration Survey, diabetes menjadi pembunuh nomor 3 di Indonesia dengan persentase sebesar 6,7% setelah stroke (21,1%) dan jantung koroner (12,9%). Bahkan menurut data International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai angka 10 juta pada tahun 2017 sehingga menduduki peringkat ke-6 untuk negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia.

gambar dari arbamedia.com

Betapa ironis, penderita diabetes di Indonesia adalah generasi muda. Rincian 10 juta penderita, yaitu sekitar 1,69 juta usianya kurang dari 40 tahun, 4,65 juta berusia 40 sampai 59 tahun, dan sisanya (2 juta) berusia 60 sampai 79 tahun. Dahulu para dokter biasanya menolak istilah diabetes jika pasien belum berusia 40 tahun, tetapi saat ini diabetes telah menjadi ancaman kesehatan bagi semua usia.

Penyebab Banyaknya Penderita Diabetes

Banyaknya jumlah penderita diabetes di Indonesia tidak terlepas dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Nasi putih adalah makanan pokok masyarakat Asia Tenggara terutama di Indonesia. Masyarakat Indonesia menganggap belum makan kalau belum makan nasi putih. Tahukah Anda bahwa nasi putih mengandung karbohidrat dan kadar gula (glukosa) yang tinggi. Berdasarkan analisis NHS Choice, orang yang makan nasi putih lebih dari lima kali dalam seminggu berisiko 17% lebih tinggi terserang diabetes tipe 2 daripada orang yang jarang makan nasi putih. Tidak hanya nasi putih, kebiasaan mengonsumsi kopi dan teh dengan gula juga menyebabkan banyak orang Indonesia terserang diabetes. Tubuh manusia hanya membutuhkan asupan gula sebanyak 50 gram atau setara dengan empat sendok makan dalam 1 hari. Jika minum dua gelas teh manis setiap hari, ditambah tiga kali makan nasi putih dan makanan manis lainnya tentu saja menyebabkan kadar gula darah bertambah tinggi.

Baca Juga  Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

Kebiasaan Tidak Sehat Juga Penyebab Diabetes

Tidak hanya mengonsumsi banyak gula, beberapa kebiasaan ini juga bisa memicu diabetes. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dimaksud.

  1. Tidak Sarapan

Orang yang sering tidak sarapan berpotensi menderita diabetes. Kalau melewatkan sarapan, kadar gula darah di dalam tubuh akan menurun. Apa akibatnya? Biasanya orang yang tidak sarapan cenderung ingin mengonsumsi makanan manis sebagai cemilan dan minuman manis lainnya. Bertumpuk sudah kadar gula dalam darah sehingga risiko menderita diabetes semakin besar.

  1. Tidak Berolahraga

Orang yang jarang bahkan tidak mau berolahraga akan menumpuk lemak di dalam tubuhnya. Jika terus terjadi juga bisa mengakibatkan penumpukan lemak, kolesterol, dan peningkatan kadar gula darah. Kondisi ini tidak hanya memicu penyakit diabetes, tetapi juga memicu stroke dan penyakit jantung.

  1. Merokok

Merokok benar-benar tidak baik untuk kesehatan karena juga bisa memicu diabetes. Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 22%. Jika kebiasaan buruk ini ditambah dengan gaya hidup yang tidak sehat tentu saja risiko terserang diabetes meningkat.

  1. Pola Tidur Tidak Teratur

Berdasarkan sebuah studi di University of Chicago, orang yang kurang tidur selama 3 hari menyebabkan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa menurun drastis. Apa akibatnya? Kandungan gula darah menjadi semakin tinggi sehingga risiko terserang diabetes juga meningkat.

Beberapa penyebab diabetes telah diketahui. Jika tidak mau menderita diabetes, mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat (healthy life style) seperti rajin berolahraga, mengonsumsi sayur dan buah, serta mengurangi asupan gula. Semangat dan selamat hidup sehat!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.