Cara Mengobati Diare Secara Alami

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Mencret atau diare merupakan salah satu permasalahan perut yang disebabkan terlalu banyak kadar air dalam tinja. Diare sendiri merupakan salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Akibat diare yang tidak segera di atasi dapat menjadikan penderitanya mengalami dehidrasi. Sebab penderita diare akan kekurangan cairan tubuhnya.

  • Apa penyebab diare?

Terjadinya penyakit diare bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk diare yang disebabkan oleh bakteri salmonella dan campylobacter biasanya akan menyerang manusia antara 2 sampai 7 hari. Untuk diare yang disebabkan oleh norovurus, akan berlangsung 2 hari. Diare yang disebabkan oleh rotabirus, akan berlangsung selama 4 sampai 8 hari. Sedangkan diare yang disebabkan oleh gardasis akan berlangsung selama beberapa minggu.

Ada beberapa tanda-tanda diare yang sering muncul. Tanda-tanda ini muncul beberapa jam sebelum terjadinya diare, diantara tanda-tanda ini adalah seperti perut terasa berbunyi yang tidak enak, timbul rasa mulas yang berlebihan, serta pada bagian dubur terasa ingin buang air besar.

Semua orang yang mengalami diare pasti akan terganggu. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami diare, Anda sangat butuh akan cara menghilangkan diare. Apalagi jika Anda di rumah, maka Anda memerlukan pertolongan pertama untuk mengatasi diare di rumah.

Adapun cara mengatasi diare di rumah adalah sebagai berikut.

Teh pahit

Cara menghilangkan diare yang pertama yakni dengan menggunakan teh pahit. Teh pahit untuk diare cukup ampuh, selain itu khasiatnya dapat dirasakan seketika. Nah, untuk cara membuatnya yaitu siapkan teh hitam sebanyak-banyaknya, lalu seduh dengan menggunakan air panas.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan teh pahit yang kental dan segera minum untuk mengobati diare. Cara menggunakan teh pahit ini sudah ada sejak zaman dahulu secara turun-temurun. Pantas saja cara ini masih bayak digunakan, sebab cara ini memang ampuh dan sangat berkhasiat.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Biang Keringat

Jambu biji

Buah yang baik untuk diare adalah jambu biji. Ini karena buah jambu biji memiliki kandungan tanin yang berguna untuk menghambat proses pertumbuhan bakteri dan virus. Dengan kata lain, saat Anda mengalami diare dan mengonsumsi jambu biji, maka diare akan segera berhenti.

Untuk cara menggunakan jambu biji ada dua cara, yaitu dengan memakan langsung dan kedua dengan membuatnya menjadi jus. Sedangkan cara kedua yaitu dengan menggunakan daun jambu biji. Caranya, ambil 3 lembar daun jambu biji bagian pucuk, rebus hingga mendidih dan minum air rebusannya.

Salak

Salak memang sudah sangat terkenal sebagai buah untuk penderita diare. Hal ini karena salak memiliki kandungan senyawa polifenil yang berbentuk tanin yang dapat mengatasi diare. Dengan mengonsumsi salak secara teratur, maka diare Anda akan sembuh lebih cepat.

Sebenarnya masih ada banyak lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi diare. Diantara bahan alami tersebut adalah pisang, jus wortel, jahe, yoghurt, keju dan masih banyak lainnya. Setelah Anda mengonsumsi beberapa bahan di atas, maka Anda akan merasakan sendiri manfaatnya.

Namun, sebelum diare benar-benar sembuh, ada beberapa ciri-ciri diare akan sembuh yang bisa Anda lihat. Beberapa ciri-ciri ini seperti berkurangnya intensitas BAB, perut terasa lebih nyaman, feses mulai padat dan masih banyak lainnya.

Setelah Anda merasakan tanda-tanda di atas setelah menggunakan cara menyembuhkan diare di atas, maka dalam beberapa hari diare Anda akan sembuh. Pastikan konsumsi beberapa bahan alami di atas setiap kali mengalami diare. Memang ada banyak obat yang bisa digunakan, namun jika ada yang alami mengapa menggunakan bahan kimia.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.