Cara Menghilangkan Sesak Nafas

Cara Menghilangkan Sesak Nafas

Sesak nafas adalah salah satu penyakit yang umumnya juga mengindikasikan berbagai macam penyakit lainnya seperti penyakit paru-paru Obstruktif Kronis (PPOK), asma, distrofi muscular, stroke, anemia, gagal jantung, obesitas, efusi pleura, emboli paru penyempitan jantung, kelelahan, serta serangan panic.

Asam, atau dalam bahasa medis disebut dengan dyspnea akan menyebabkan kondisi yang tidak nyaman bagi para penderitanya. Dimana, para penderita asma akan sangat merasa kesulitan serta merasa nyeri di bagian dada.

Sesak nafas membuat tubuh harus bekerja ekstra keras untuk bernafas karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, hal ini tentunya akan berdampak  pada nyawa si penderita.

Akan tetapi, bagi Anda yang menderita sesak nafas sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko yang lebih parah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk penanganan sesak nafas secara tepat.

Namun perlu diingat, bahwa penjelasan penanganan di bawah ini bukan menjadi pengganti dari pengobatan medis utama yang harus dilakukan oleh pasien.

Pursed-lip Breathing

Cara yang satu ini cukup mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja bahkan saat sedang mengalami sesak nafas. Nah, cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan merelaksasi otot leher serta bahu, kemudian ambil nafas pelan-pelan melalui hidung dalam dua hitungan dan tutup mulut. Lalu, buang nafas melalui celah bibir dalam empatg hitungan. Cukup mudah bukan? Lakukan cara ini sampai nafas Anda bisa berjalan normal.

Baca Juga  Cara Mengobati Diare Secara Alami

Duduk dengan posisi agak ke depan dan sedikit membungkuk

Cara mengurangi sesak nafas yang lainnya yakni dengan  melakukan cara yang satu ini. Anda hanya tinggal duduk dengan posisi telapak kaki menapak di lantai. Dada sedikit condong ke depan, dengan perlahan, taruh siku di lutut atau tahan dagu dengan tangan. Otot bahu serta leher rileks, letakkan dan istirahatkan lengan serta tangan pada meja, gunakan bantal agar Anda merasa lebih nyaman.

Berbaring dengan santai

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan dengan posisi tidur. Posisi tidur saat sesak nafas yang tepat ialah dengan berbaring miring kemudian menggunakan bantal pada kedua kaki serta kepala ditinggikan dan harus bertumpu pada bantal, dan punggung tetap dalam posisi lurus.

Tak hanya itu, Anda pun bisa melakukan posisi yang satu ini yakni dengan berbaring secara terlentang, posisi kepala lebih tinggi, Anda bisa menggunakan bantal. Setelah itu, lutut ditekuk dengan menaruh bantal di bawah lutut.

Dengan cara batuk

Cara atasi sesak nafas yang lainnya yakni dengan cara batuk. Batuk yang terkontrol akan membantu Anda untuk mengeluarkan lendir yang ada pada tenggorokan maupun paru-paru.

Menggunakan kipas angin

Siapa sangka, jika cara yang satu ini bisa menyembuhkan sesak nafas yang Anda derita. Bahkan beberapa study menyatakan bahwa kipas angin mampu meredakan dan melegakan sesak nafas. Anda cukup menghidupkan kipas angin dan bernafaslah seperti biasa. Akan tetapi, jangan lupa untuk sering membersihkan kipas angin agar debu yang ada tidak terhirup oleh Anda.

Menerapkan pola hidup sehat

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, sebenarnya hal ini merupakan salah satu cara mengobati sesak nafas secara alami. Jangan merokok dan hindari paparan asap rokok, asp kendaraan dan lainnya. Segera turunkan berat badan jika Anda memiliki berat badan yang berlebih dan rajin berolahraga.

Baca Juga  Cara Mengobati Meriang

Sebenarnya, ada banyak sekali cara mengobati sesak nafas secara alami yang bisa Anda lakukan agar sesak nafas yang Anda derita bisa berkurang. Cukup mudah bukan, beberapa tips yang bisa Anda praktikkan sendiri di atas?

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.