Banyak Makan Coklat Jadi Tambah Sehat

Ada kabar gembira bagi para penggemar coklat yang takut gemuk bila terlalu banyak memakannya. Kalau suka coklat tidak apa kok sering memakannya, jadi tidak usah takut gemuk. Perhatikan terlebih dahulu jenis coklat apa yang dikonsumsi agar tidak gemuk. Pilihlah coklat hitam kalau mau mengemil si manis yang lezat ini. Coklat hitam atau dark chocolate  memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan bermanfaat bagi kesehatan. Coklat yang terbuat dari biji kakao ini adalah sumber antioksidan terbaik. Berdasarkan penelitian, coklat hitam juga bisa meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

gambar dari ninixnews.com

Coklat hitam yang berkualitas harus memiliki kandungan coklat yang tinggi. Sepotong coklat hitam sebanyak 100gram dengan kadar kakao 70-85% memiliki kandungan 11 gram serat, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, kalium, fosfor, seng, kalsium, vitamin K, dan selenium Coklat tentu saja mengandung 600 kalori yang terdiri dari gula dalam jumlah yang sedang, asam lemak, kafein, dan theobromine. Coklat ternyata mengandung kafein tetapi tidak usah takut tidak bisa tidur setelah mengonsumsi coklat karena kandungan kafeinnya sangat kecil. Berikut ini bahasan lebih lanjut tentang kandungan coklat secara mendalam.

Mengandung Antioksidan Terbaik

Manfaat terbaik yang dimiliki coklat adalah kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Seperti yang diketahui, antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari kerusakannya. Tidak hanya satu, coklat mengandung dua senyawa antioksidan, yaitu polifenol dan flavonoid. Berdasarkan penelitian, coklat hitam juga mampu mencegah kanker.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Flavanol adalah jenis flavonoid yang terkandung dalam coklat hitam, menurut penelitian flavanol bisa menyehatkan jantung. Flavanol bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung serta otak. Flavanol yang dimiliki coklat hitam juga bisa mengurangi risiko penggumpalan darah dan stroke.

Baca Juga  Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

Memperbaiki Kolesterol Tubuh

Kandungan polifenol pada coklat bisa mengendalikan kolesterol terutama setelah mengonsumsi coklat hitam selama tiga minggu. Polifenol bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kolesterol total sebesar 6,5% dan LDL atau kolesterol jahat sebesar 7,5%. Coklat hitam juga bisa menurunkan LDL sebanyak 6% dan meningkatkan HDL sebesar 9%.

Memperbaiki Fungsi Kognitif Otak

Coklat hitam bisa memperbaiki fungsi kognitif otak sehingga bisa meningkatkan fokus dan memori. Kandungan flavonoid pada coklat bisa meningkatkan kemampuan koginitif terutama orang lanjut usia. Kokoa juga memiliki kandungan theobromin dan kafein yang bersifat sebagai stimulant sehingga dapat meningkatkan fungsi otak. Jadi perbanyak makan coklat hitam kalau mau cerdas, terutama anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan.

Memperbaiki Sirkulasi Darah

Flavanol yang dikandung oleh coklat hitam bisa memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah. Berdasarkan penelitian, coklat hitam bisa menurunkan aliran darah dalam tahap yang ringan. Bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi atau hipotensi sebaiknya mengonsumsi coklat hitam secara rutin.

Setelah mengetahui tentang manfaat coklat hitam seharusnya tidak usah lagi takut atau ragu untuk mengonsumsi coklat. Tidak usah takut gemuk asalkan mengonsumsi jenis coklat yang benar dan dalam kadar yang pas. Bagi penggemar coklat yang mungkin sebelumnya ragu untuk melanjutkan kegemarannya, kini bisa bernafas lega dan melanjutkan kegemarannya itu. Bayangkan saja bagaimana manfaat dari coklat hitam. Mungkin saat ini sudah tidak sabar ya untuk makan coklat? Segera beli coklat hitam dengan jumlah yang cukup sehingga bisa menjadi stok makanan di rumah.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.