Apa itu Nanah? Adakah Fungsi dari Nanah? Cari Tau Disini Jawabnya

Pengertian Nanah dan Bisul

Apakah 2 hal tersebut sama? Mari kita cari tau. Menurut Wikipedia Nanah adalah cairan kuning keputihan atau kuning kehijauan yang dikarenakan oleh bakteri. Nanah bisa bermula dari luka kecil, jerawat, atau bisul. Nah jadi berbeda kan. Sedang bisul adalah sekumpulan nanah yang terkumpul di rongga jaringan seperti kulit atau daging setelah kena infeksi sesuatu. Bisul berasal dari reaksi tubuh yang menolak benda asing seperti bekas luka dari pisau, peluru, atau infeksi bakteri agar tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

Proses terbentuknya Nanah

Selama terjadi infeksi, makrofag melepaskan sitokin yang memicu neutrofil mencari tempat luka atau tempat infeksi oleh kematoksis. Di bagian itu neutrofil menghancurkan bakteri yang menginfeksi dan bakteri merespon dengan mengeluarkan zat anti kekebalan tubuh yang melepaskan racun disebut leukocidins. Neutrofil yang mati dan hancur terkena racun dan membentuk nanah yang kental.

Fungsi Nanah

Sejauh dari mencari-cari di internet, saya belum menemukan fungsi dari nanah. Pernah mengalami luka bernanah, nanah ialah benda berlendir dan berbau yang akan menurunkan kepercayaan dirimu. Fungsinya mungkin kita tahu bawah tubuh kita merespon luka yang ada dan mengirimkan antibiotik alami. Intinya segera tanyakan ke puskesmas atau petugas kesehatan terdekat saat anda mengalami luka yang bernanah.

Luka di Kaki Bernanah dan Bengkak

Akhir-akhir ini saya sering melihat di suatu tempat ada orang-orangnya yang mengalami luka-luka kecil di kaki hingga ada yang bernanah, kenapa demikian? Ayo kita cari tau.

Baca Juga  Mau Senang? Coba Konsumsi Beberapa Makanan ini!

Ada beberapa menyebabkan luka menjadi bernanah dan bengkak, seperti berikut ini.

  • Ada benda asing yang menancap di mata luka, seperti serpihan logam atau kaca.
  • Mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti sakit paru-paru, diabetes, kanker, hati, atau ginjal.
  • Melemahnya sistem pertahanan atau imun tubuh karena radiasi, kekurangan nutrisi, atau penggunaan obat tertentu yang memicu infeksi.

Untuk mencari penyebab pasti, disarankan anda ke puskesmas atau petugas kesehatan terdekat.

Untuk menghindari luka bernanah, kalian bisa mempraktekkan cara berikut ini :

  1. Cuci tangan anda dengan sabun di bawah air mengalir, dan keringkan tangan.
  2. Membersihkan luka dengan mengompres luka menggunakan kasa steril yang sudah basahi dengan larutan NaCl atau rivanol, lakukan dua kali sehari misal pagi dan sore hari.
  3. Keringkan luka anda.
  4. Untuk mempercepat berikan salep antibiotik.
  5. Segera tutup luka menggunakan kasa steril untuk mencegah kontaminasi.
  6. Disarankan untuk menghindari menggaruk atau menyentuh luka anda secara langsung.

Cara Mengeluarkan Nanah

Untuk mengeluarkan nanah secara aman, anda bisa meminta bantuan ke puskesmas atau petugas kesehatan terdekat.

Untuk menangani sendiri anda bisa melakukan hal berikut ini untuk mengeluarkan nanah:

  1. Bersihkan luka dengan lembut menggunakan sabun atau air antiseptik.
  2. Kompres luka dengan kain flanel yang sudah direndam air sabun atau antiseptik. Pastikan kain tersebut bukan sudah dicuci bersih dan kain itu tidak bekas digunakan orang lain.
  3. Disarankan anda meminum obat pereda sakit.

Mencari Obat Luka Nanah di Apotik

Untuk membantu penyembuhan luka yang bernanah, anda bisa menggunakan obat yang dijual di apotik, seperti obat berikut ini.

  • Salep Futaderm, salep ini mengandung 20 mg sodium fusidate yang membantu meredakan radang dan meringankan infeksi. Gunakan 3 sampai 4 kali sehari hingga sembuh.
  • Salep Garamycin, salep antibiotik ini termasuk golongan aminoglikosida yang meringankan infeksi luka yang terjadi karena bakteri gram negatif. Pemakaiannya sama, 3 sampai 4 kali sehari.
  • Salep Antibiotik Kalmicetine, salep ini bisa digunakan untuk luka bernanah yang disebabkan bakteri gram positif maupun negatif dan bakteri lain yang peka dengan kandungan 20 mg Chloramphenicol. Namun penggunaannya harus dengan resep dokter.
  • Salep Nufacort CR 5G, salep ini termasuk golongan aminoglokosida yang mengandung Neomycin Sulfate 5 mg dan Hydrocortisone Acetate 10 mg. Untuk salep ini cukup gunakan 2 kali sehari.

Lebih bijak jika anda menggunakan salah satu obat di atas menggunakan resep dokter

Sekian pembahasan mengenai apa itu nanah, bagaimana terbentuknya, dan cara menangani luka bernanah secara baik. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan segan untuk membagikan agar bisa memberikan manfaat kepada kawan-kawan yang lain.

Baca Juga  4 Jenis Asupan yang Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Sampai jumpa di artikel kesehatan lainnya. Dadah…

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.