Amankah Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dapur?

Asin? Memang. Tapi di balik rasanya yang asin, banyak sekali khasiat yang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Salah satunya terkait dengan karang gigi. Apa kamu sudah pernah menerapkan cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur? Kalau belum, simak dulu uraian berikut ini biar lebih kenal dengan bumbu dapur yang satu ini.

Garam Dapur Sudah Lama Dipakai untuk Bersih-Bersih Mulut

Trik menghilangkan karang gigi menggunakan garam dapur sebetulnya sudah dipraktikkan sejak ratusan tahun lalu. Tepatnya bermula dari kebudayaan Cina kuno hingga ke daratan Roma. Nama pengobatan dulu adalah Ayurveda. Sedangkan pada periode Yunani dan Romawi, seorang yang menggunakan cara ini bernama Hippocrates.

Hippocrates saat itu sudah merekomendasikan garam untuk menjaga kebersihan mulut. Caranya dengan mencampurkan garam laut, air sumur, serta cuka dan dipakai untuk kumur-kumur. Nah, ada pula sebuah studi di tahun 2010 yang menyatakan, bahwa garam dapur itu memiliki kandungan yang sangat efektif untuk membunuh bakteri di mulut.

Garam Dapur Mulai Digunakan sebagai Obat Kumur

Sebetulnya, saat ini sudah banyak sih obat kumur yang beredar. Akan tetapi, kalau kamu mau yang mudah dan murah, pakai saja campuran air hangat dan garam. Caramenghilangkan karang gigi dengan garam dapur sangat efektif dan direkomendasikan oleh para dokter. Akan tetapi, ketika digunakan dalam waktu lama, justru bisa merusak enamel gigi.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi tanpa Iritasi

Apakah garam dapur bisa menggantikan obat kumur di pasaran? Mungkin jawabannya bisa iya, bisa pula tidak. Tidak dipungkiri, bahwa garam dapur itu memiliki kadar basa alami yang cukup tinggi. Sedangkan obat kumur di pasaran memiliki kadar alkohol yang tinggi. Tapi bila dibandingkan dengan obat kumur, pemakaian garam dapur untuk kumur bisa lebih lama.

Apa Saja Kandungan yang Dimiliki oleh Garam Dapur?

Banyak yang meyakini, bahwa garam dapur juga bisa untuk menerapkan cara memutihkan gigi dengan cepat. Soalnya garam dapur itu bersifat isotonik dan tidak akan mengiritasi selaput lendir dalam mulut. Dengan adanya garam dapur di mulut, rupanya mampu meningkatkan pH yang berfungsi sebagai penghalang perkembangan bakteri.

Air asin itu tidak sama dengan antibiotik. Soalnya tidak bisa membunuh bakteri secara langsung. Tidak seperti kontak antara garam dengan air hangat. Cara memutihkan gigi dengan garam sudah dilakukan secara luas. Baik oleh kalangan praktisi maupun masyarakat secara umum.

Apa Saja Manfaat Berkumur dengan Air Garam?

Selain dipakai untuk cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, manfaat lainjuga bisa kamu dapatkan dengan berkumur pakai air garam hangat. Berkat fungsinya sebagai pembersih mulut, secara otomatis, bau napas pun bisa ditiadakan. Soalnya bau mulut itu sering disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri di mulut.

Lalu, air garam hangat juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit gusi. Kadang-kadang gusi yang meradang disebabkan oleh karang gigi. Bahkan fungsinya bisa juga untuk membendung penyebab gusi berdarah. Ketika sakit gigi juga sangat dianjurkan untuk berkumur dengan menggunakan air garam hangat.

Kelebihan Pengobatan dengan Air Garam Hangat

Kumur-kumur dengan menggunakan air garam dapur yang hangat itu lebih ramah lingkungan dibandingkan obat kumur. Selain itu,obat kumur alam ini juga tidak akan menyebabkan alergi. Potensi jaringan mulut yang sensitif juga tidak akan terpengaruh.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Plak Kuning Pada Gigi

Video terkait cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur baik digunakan untuk semua kalangan. Baik untuk remaja maupun orang tua. Khusus untuk anak-anak, sebaiknya pakai pasta gigi saja. Boleh sih pakai cara kumur-kumur dengan air garam hangat. Tapi jangan terlalu lama biar enamel gigi yang masih tumbuh tidak lekas mengalami kerusakan.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.