4 Jenis Asupan yang Menghilangkan Kebiasaan Merokok

4 Jenis Asupan yang Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Tembakau adalah isi dari rokok yang menyebabkan berbagai risiko penyakit serius seperti jantung koroner, stroke, dan caskuler perifer. Banyak perokok yang mengaku bahwa kebiasaan merokok itu sulit dihilangkan. Benarkah demikian? Pada kenyataannya, merokok bisa dihentikan asal orang itu mau melakukannya. Hal utama yang harus dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah tekad dan kemauan untuk berhenti sehingga tidak lagi membeli rokok. Tidak hanya itu, ada juga asupan yang harus dikonsumsi untuk menghilangkan rasa ingin merokok. Berikut ini  pembahasannya.

gambar dari alodokter.com

Susu

Minuman ini bisa membuat rasa rokok menjadi tak enak. Susu yang kental dan manis bisa menyebabkan rokok terasa lebih pahit dari sebelumnya karena tubuh menolak sesuatu yang tidak baik. Coba rasakan saja perbedaannya setelah rajin mengonsumsi susu setiap hari. Minumlah susu pada pagi hari sebagai pelengkap sarapan sehingga beberapa jam ke depan rasa untuk merokok terus berkurang dan bahkan tidak ingin sama sekali. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Duke University, perokok yang minum segelas susu sebelum merokok akan merasa rokok yang diisapnya tidak nikmat.

Teh

Ternyata tidak hanya susu, teh juga menyebabkan rokok terasa tidak enak khususnya teh hijau dan teh hitam. Menurut penelitian, perokok yang rutin mengonsumsi teh hijau atau teh hitam memiliki risiko yang lebih kecil menderita penyakit kanker paru daripada perokok yang tidak mengonsumsi teh sama sekali. Teh mengandung zat bernama katekin dengan kadar tinggi dan senyawa fitokimia yang dikenal dengan nama flavanoid yang menyebabkan keinginan merokok berkurang drastis. Teh pahit atau teh dengan gula sama-sama

Baca Juga  Mau Senang? Coba Konsumsi Beberapa Makanan ini!

Sayuran

Rajin makan sayur terutama sayuran berjenis cruciferous seperti kembang kol, kol, kale, brokoli, bok choy bisa membuat perokok minim risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Sayuran ini mengandung sumber alami seperti isothiocyanat yang mencegah perkembangan sel kanker. Kebiasaan makan sayur akan menyehatkan tubuh sehingga dengan sendirinya tubuh akan menolak sesuatu yang tidak menyehatkan. Sayuran hijau akan membuat perut terasa kenyang sehingga tidak ingin mengonsumsi lainnya termasuk rokok. Tingginya serat yang dimiliki sayuran hijau yang menjadi penyebab rasa kenyang yang lebih lama.

Buah-Buahan

Buah-buahan adalah jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan memiliki banyak rasa. Tidak hanya manis, asam dan sedikit pahit juga menjadi rasa dari buah. Rutin makan buah secara langsung dan minum jus buah bisa menyebabkan rokok menjadi tidak enak. Sama halnya dengan asupan bergizi dan bermanfaat lainnya, buah juga membuat tubuh menolak sesuatu yang tidak menyehatkan. Kalau kurang suka makan buah langsung, beli jus atau membuat jus di rumah agar bisa terus mengonsumsi buah. Banyaknya jenis buah bisa dipilih sesuai dengan selera. Kalau suka yang manis berarti konsumsi buah seperti melon, semangka, dan buah berair lainnya. Kalau tidak masalah dengan rasa berarti bisa mengonsumsi buah apapun.

Itulah makanan dan minuman yang harus dikonsumsi secara rutin agar tubuh sehat dan kebiasaan merokok menjadi berkurang bahkan hilang. Tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia asalkan subjek atau pelakunya mau melakukannya. Kebiasaan buruk bisa hilang asalkan bertekad untuk menghilangkan agar hidup menjadi lebih baik dan sehat. Tidak ada salahnya untuk mencoba, lalu bagaimana kalau gagal? Coba terus saja sampai benar-benar berhasil. Ada 4 jenis asupan, kalau ada hal yang tidak suka atau tidak bisa dikonsumsi bisa mengonsumsi salah satu atau ketiga jenis lainnya. Selamat mencoba!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.